Minggu, 25 Januari 2009

Luas neraka

Yazzid Arraqqasyi dari Anas bin Malik berkata:Jibril datang kepada nabi Muhammad SAW pada waktu yang ia tidak biasa datang dalam keadaan berubah mukanya,maka ditanya oleh nabi Muhammad SAW.
Nabi SAW:Mengapa aku melihat kau (jibril) berubah muka?
Jibril:Ya muhammad,Aku datang kepadamu disaat Allah SWT menyuruh supaya dikobarkan penyalaan api neraka,maka tidak layak bagi orang yang mengetahui bahwa neraka jahanam itu benar,dan siksa kubur itu benar,dan siksa Allah SWT itu terbesar untuk bersuka-suka (bersenang-senang) sebelum ia merasa aman daripadanya (neraka).
Nabi SAW: Ya Jibril jelaskan padaku sifat jahanam.
Jibril: Ya.Ketika Allah menjadikan jahanam,maka dinyalakan seribu tahun sehingga merah,kemudian dilanjutkan seribu tahun sehingga putih,kemudian seribu tahun sehingga hitam,maka ia hitam gelap,tidak pernah padam nyala dan baranya.Demi Allah yang mengutus engkau dengan hak,andaikan terbuka sebesar lubang jarum niscaya akan dapat membakar penduduk dunia semua akibat panasnya.Demi Allah yang mengutus engkau dengan hak,andaikan satu baju ahli neraka itu digantung diantara langit dan bumi niscaya akan mati penduduk bumi karena panas dan basinya.Demi Allah yang mengutus engkau dengan hak,andaikan satu pergelangan dari rantai yang disebut dalam alqur'an itu diletakkan diatas bukit,niscaya akan cair sampai kebawah bumi yang ketujuh.Demi Allah yang mengutus engkau dengan hak,andaikan seorang diujung barat bumi tersiksa,niscaya niscaya akan terbakar orang-orang yang ada di ujung timur karena sangat panasnya.Jahanam itu sangat dalam dan perhiasannya dari besi,minumannya dari panas campur nanah,dan pakaiannya potongan-potongan api.Api neraka itu ada tujuh pintu,tiap-tiap pintu ada bahagiannya yang tertentu,dari orang laki-laki dan perempuan.
Nabi SAW: Apakah pintu-pintunya bagaikan pintu-pintu rumah kami?
Jibril: Tidak tetapi selalu terbuka,setengahnya dibawah dari lainnya,dari pintu ke pintu perjalanan 70.000 ribu tahun,tiap pintu lebih panas dari yang lain 70 kali lipat (yang lebih bawah lebih panas).
Nabi SAW: Siapakah penduduk masing-masing pintu?
Jibril: Pintu terbawah untuk orang-orang munafik dan orang-orang yang kafir setelah diturunkan hidangan mu'jizat nabi Isa As serta keluarga fir'aun dan namanya adalah Al-hawiyah.Pintu kedua tempat orang-orang musrykin dan namanya adalah jahim.Pintu ketiga tempat sobi'in (orang yang meninggalkan sholat) dan namanya adalah saqar.Pintu keempat tempat iblis dan pengikutnya dari kaum majusi dan namanya adalah ladha.Pintu kelima tempat orang-orang yahudi dan namanya adalah huthomah.Pintu keenam tempat orang-orang nasrani dan namanya adalah sa'eir.Kemudian Jibril terdiam (karena) segan kepada Rasulullah SAW sehingga ditanya oleh Rasulullah SAW.
Nabi SAW: Mengapa tidak kau terangkan penduduk dari pintu yang ketujuh?
Jibril: Didalamnya untuk orang-orang yang berdosa dari golongan ummatmu yang sampai mati belum sempat bertaubat.
Maka nabi SAW jatuh pingsan ketika mendengar keterangan itu,sehingga jibril meletakkan kepala nabi SAW dipangkuannya sehingga sadar kembali,dan sesudah sadar nabi SAW bersabda.
Nabi SAW: Ya jibril,sungguh besar kerisauanku dan kesedihanku,apakah ada seorang dari ummatku yang akan masuk kedalam neraka?
Jibril: Ya.Yaitu orang yang berdosa besar dari ummatmu.Kemudian nabi SAW menangis,Jibril juga menangis,kemudian nabi SAW masuk kedalam rumahnya dan tidak keluar kecuali untuk shalat kemudian kembali dan tidak berbicara dengan orang dan bila sholat selalu menangis dan minta (berdo'a) kepada Allah.
(Disadur dari kitab: Peringatan bagi yang lalai)

1 komentar:

  1. ngeriiiiii.... semoga saya terhindar dari neraka itu. kalaupun terpaksa mampir, saya berharap lewat pintu ke depalan (karena hanya ada 7 pintu)

    BalasHapus

Monggo di spam..