Sabtu, 11 April 2009

Pernahkah anda mengalami deja vu?

Deja vu adalah sebuah frasa Perancis dan artinya secara harafiah adalah "pernah lihat". Maksudnya mengalami sesuatu pengalaman yang dirasakan pernah dialami sebelumnya. Fenomena ini juga disebut dengan istilah paramnesia dari bahasa Yunani.para yang artinya adalah "sejajar" dan mnimi "ingatan".
Menurut para pakar, setidaknya 70% penduduk bumi pernah mengalami fenomena ini.
(wikipedia)




Beberapa hari ini sy seperti mengalami deja vu,kemarin waktu sy pergi ke Mojosari (kota yang jaraknya +- 7km dari tempat tinggal sy) ditengah jalan sy dicegat orang yang kemudian nunut ke Mojosari,ditengah perjalanan kami ngobrol tentang pemilu yang telah berlalu,tentang politik uang,tentang pemilu yang memilukan karena banyak kertas suara yang tidak sah dan tentang hal-hal lainnya.Disini sy seperti mengalami keanehan,sy merasa sudah pernah mengalami hal ini dimasa yang lalu.Tentang orang yang nunut bonceng sy,tentang obrolan-obrolan politik yang menggelitik,dan tentang apa yang sedang sy jalani.Ugh.. sungguh perasaan yang aneh dan tidak mengenakkan.
Bukan itu saja deja vu yang saya alami kemarin.Waktu membaca surat kabar,sy merasa sepertinya berita yang sy baca sudah pernah sy baca sebelumnya.Sungguh menggelikan.Sebenarnya ada apa dengan fenomena deja vu ini ya?Apakah ada yang salah di saraf otak saya,ada yang sedikit kendur mungkin.Hehe..
Bagaimana dengan anda,pernahkah mengalami deja vu juga?

27 komentar:

  1. mungkin memang sebelumnya sudah pernah anda baca dari lain tempat kali ....namun anda mungkin lupa di mana itu.saya juga sering heheh

    BalasHapus
  2. mgnkn kalau yang percaya dg reinkarnasi ...mgkn de javu merpkn fenomena yg lebih bisa dijelaskan dg rinci (?)
    seingat saya fenomena ini ada yg bilang terkait dg proses kejiwaan seseorang ...cuma saya sdh lupa apa termasuk yg fisiologis (normal) atau yg cenderung patologis (abnormal) ...dg tentu ada kriteria tambahan yg lain ...misal sering ngelamun...ketawa sendiri....nangis tanpa sebab ...atau "kesurupan" yg berulang2 ...ha..ha..

    BalasHapus
  3. tanda-tanda "penuaan dini" mas, akibat terlalu banyak ngeblog ama gerombolan si berat hahahahaha,.......

    BalasHapus
  4. @mbak aisha
    Pernah mengalami deja vu juga ya mbak.Memang sangat tidak mengenakkan.Hehe..
    @Masompak bontot
    wah sepertinya jiwa sy mulai labil ya pak? hehe.Musti lebih mendekatkan diri kepada Allah swt nih,agar diberi ketenangan jiwa dan kejernihan hati.
    @Masbongjun
    hehe..Iya bong harus diimbangi dengan cari yang ringan2 nih.

    BalasHapus
  5. O itu namanya de ja vu to, aku malah sering ntu mas, emang tdk mengenakan...

    BalasHapus
  6. Gimana njelasinnya ya ?!,....
    Ane juga sering ngerasain hal yang sama ketika habis ngeliat tanggalan terutama tanggal tua, hahahaha....

    BalasHapus
  7. Aku jadi Inget film Mandarin yang selalu dan selalu mengulangi perjalanan hidupnya dan semuanya tepat sesuai ingatanya :)

    Tapi aku lupa apa judul film ini :)

    BalasHapus
  8. mungkin pengaruh pikiran bro,atau pernah bermimpi,jadi teringat ..salam kenal ya

    BalasHapus
  9. hu uh DInda juga pernah ngalamin seperti itu, apap yang dinda alamin hari ini tuh pernah terjadi sebelumnya. Dinda juga bingung kog bisa yah

    BalasHapus
  10. Hi,
    Lama gak jalan2 ke sini.
    Dejavu bukannya nama rumah makan nih? hehe kidding. Iya nih gw juga pernah dejavu, tapi pas lagi panik aja :D

    BalasHapus
  11. hiii salam kenal di komen pertama saya moga bisa terjalin persahabatan

    deja vu tho namanya kalo aku sih nyebutnya six sense jadi kadang indra keenam kita bisa muncul tanpa kita duga.

    BTW, sering juga tuh ngalamin deja vu

    BalasHapus
  12. @wh
    iy itu deja vu,dari bahasa perancis.Memang aneh kl sedang mengalami deja vu.
    @elistadyon
    tokoh kartun ada yang namanya deja vu ya.Ak nggak tahu.Hehe
    @Mas fer
    hahaha..ada apa dengan tanggal tua mas?
    @Mas ari
    judulnya deja vu juga mungkin.Hehe
    @Mr.P
    iy mas mungkin pengaruh pikiran,karena terlalu sering ngeblog dengan gerombolan siberat kata bongjun.Xixixi
    @Dinda
    ak juga bingung.Kok bisa ya? Hhhe
    @ucha
    iy mas,lama ga saling berkunjung kita.Deja vu rumah makan ya,menunya apa saja nih?Bersahabat dengan kantong nggak?Hehe
    @Dwina
    welcome dwina,sama saja mungkin sebutannya mbak.Kl deja vu kan dari bahasa prancis.Salam balik sis.

    BalasHapus
  13. Tahu gak siapa orang yang paling sering ngalamin DeJaVu?? Mama Lorenlah orangnya... wikikikkikikkakaka.... btw pernah juga sih ngalamin.

    BalasHapus
  14. aku adalah orang yang sangat pelupa, mengingat hal yang benar benar terjadi aja susah, apalagi merasakan yang belum pernah terjadi..hehe

    BalasHapus
  15. de ja vu maksudnya itu ya mas...baru tahu aku....
    dulu aku pernah kayak gitu.....
    cuman biasanya ke inget suasananya ajah kayak udah familier gitu....
    kalo kejadiannya aku de ja vu nggak mas...

    BalasHapus
  16. De javu beda ga sih sm pikun..?? Perlu ga ya otak kita d setrum kyk bisnis brny Pak Bontot..??

    BalasHapus
  17. wah...jangan-2...abang yang satu ini punya kesaktian?
    hehehe......

    BalasHapus
  18. Iyah, aku juga sering ngalamin tuh..
    Tapi gak pernah kepikiran kenapa bisa de ja vu.
    Haha..

    BalasHapus
  19. pernah seh, seperti mimpi ya bang

    BalasHapus
  20. yayaya.
    sering sih deja vu.
    cuma gak pernah kepikiran kenapa2 nya.

    kalo di film matrix sih, katanya deja vu terjadi kalo ada sesuatu yang gak gak sesuai sama ketentuan.
    yah, ana sendiri juga gak gituh ngertoz maksudnya apa. hihi..

    BalasHapus
  21. ini nih yang sering juga jd pertanyaan aku...hmm kira2 bisa di ilmiahkan ga?

    BalasHapus
  22. Bisa juga dikatakan indera ke-enam bukan?

    BalasHapus
  23. bener Omm.. saya juga pernah.. bukan hanya satu dua kali aja.....

    ternyata bukan hanya saya saja...

    salam kenal....

    BalasHapus
  24. iya, aQ pernah ngalaminnya...aneh banget y...bahkan msh enak banget ngebahas ttg hal yg stau ini...

    BalasHapus

Monggo di spam..